Monday, January 04, 2010

Di Balik Fantasi Avatar


Sukses besar untuk Avatar. Terobosan Teknologi Digital Membuat Film Ini Tampak Sangat Nyata [Republika - 020110]. Yaa... James Cameron memerlukan belasan tahun untuk merealisasikan Avatar yang kini sedang digandrungi dan asyik diperbincangkan oleh masyarakat dunia dan termasuk Indonesia, alasan James Cameron ialah karena ia butuh kemampuan yang mampu memvisualisasikan fantasinya tentang planet Pandora dan bangsa Na'vi. Dan bisa saja ia menggantinya dan menggunakan ilusi make up untuk mewujudkan fantasi itu, tapi menurutnya itu justru membatasi penampilan aktor.

Satu metode yang disebut performance capture-lah yang menjadi media untuk mewujudkan fantasinya. Dengan bantuan metode ini setiap pergerakannya begitu halus mengikuti apa yang dilakukan oleh aktor. Selain itu, James Cameron bisa mengeksplorasi semua detail tentang makhluk biru ini dengan tinggi 10 kaki termasuk tekstur kulitnya.



Bersama timnya, James Cameron membuat sistem yang mampu menangkap emosi dari wajah aktor dan sistem itu disebut image-based facial performance capture. Para aktor dan aktris yang menjadi bangsa Na'vi harus memakai semacam kamera kecil di depannya. Kamera tersebut tepat menyorot muka para aktor dan aktris. Sehingga, sampai detail terkecil dari ekspresi wajah akan ditangkap olehnya.
Inovasi lainnya yang muncul dalam proses penggarapan Avatar adalah virtual camera. Lewat kamera khusus ini sutradara dapat melihat langsung hasil akting aktor-aktornya di dunia rekaan yang sudah diciptakan lewat GC. Jadi, ketika pengambilan gambar dilakukan, James Cameron tidak lagi melihat Zoe Saldana tapi sudah menjadi Neytiri yang berkulit biru dna setinggi manusia.

Dan... tidak hanya katornya, tapi set yang seharusnya hanya berwarna bau-abu [set panggung] sudah berubah menjadi suasana alam Pandora. Dan semua itu dapat terealisasi dengan bantuan WETA digital. Sebuah rumah produksi de New Zealand yang membuat banyak efek visual dalam The Lord of The Rings.

Beberapa hal tentang Avatar :
1. Pandora [emang bener jauh banget dari bumi] tepatnya lima tahun cahaya dari bumi.
2. Sesuai perkiraan, dimana penduduk planetnya setinggi 9 kaki, semua yang ada di Pandora LEBIH BESAR. Tumbuhan, hewan, makhluk dan juga senjata Na'vi: tombak 7 kaki, pisua ganda, dan busur yang melontarkan anak panah sepanjang 1 kaki . omg! ditambah lagi prinsip para Na'vi : menghindar, memburu, membuntuti, menyerang.
3. Manusia memiliki senjata berteknologi tinggi: rudal, senjata otomatis, jeep dengan meriam, pelontar api, heli penyerang dan exo-suits menyerupai yang digunakan Ridley dalam Alliens
4. Bumi kehabisan sumber alamnya, sampai di batas krisis. Dan Pandora punya mineral langka yang disebut Unobtainium yang ingin didaptkan olej pasukan Bumi, untuk menyelamatkan Bumi.

5. Salah satu bentuk alam paling mengagumkan di Pandora adalah gunung terapung. Bongkahan batu raksasa ini terangkat dari udara oleh energi Unobtanium - yang menimbulkan tenaga layaknya 2 magnet yang saling menolak.

to translate into other languages, please click the flag according to the language you want on the top right of this blog

No comments:

Post a Comment